SELAMAT DATANG DI WEB RESMI DESA TOMBATU DUA BARAT Pelayanan Kantor Desa Tombatu Dua Barat: Senin - Jumat Pukul 7:30 - 16.00 LAYANAN MANDIRI memungkinkan warga untuk mengakses data mereka sendiri (seperti biodata dan kartu keluarga) dan mengirimkan laporan kepada kantor desa melalui web desa

Artikel

Layanan Mandiri

12 Oktober 2021 17:25:03  Administrator  326 Kali Dibaca  Panduan Layanan Desa

Salah satu fungsi aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) adalah untuk mengoptimalkan pelayanan administrasi publik berbasis data. Pelayanan administrasi publik yang bisa dilakukan dengan aplikasi SID meliputi pelayanan olah data dan pelayanan olah dokumen/surat. Pelayanan olah data dapat dilakukan dengan memanfaatkan fungsi-fungsi statistik yang dapat dimanfaatkan untuk laporan dan rujukan pengambilan keputusan. Pelayanan olah dokumen bisa dilakukan dari data yang telah diolah dan/atau dari pengelolaan administrasi surat-menyurat.

Aplikasi SID menghimpun seluruh data penduduk desa, sehingga bisa digunakan untuk data dasar pembuatan surat administrasi kependudukan. Pelayanan administrasi persuratan itu dapat dikelola oleh pemerintah desa di kantor pemerintah desa masing-masing. Tata cara pemanfaatan module cetak surat aplikasi SID dalam alur pelayanan publik di kantor desa secara garis besar dapat dilakukan dengan urutan sebagai berikut:

 Penduduk pemohon surat datang dengan membawa kartu identitas diri (KTP atau Kartu Keluarga/KK) dan diterima oleh staf pemerintah desa yang bertugas dalam pelayanan.

  1. Pastikan keberadaan dan status penduduk tersebut dalam database SID di Module "Penduduk". Gunakan fasilitas "Cari" dengan mengisikan nama atau NIK penduduk tersebut. Jika ada perubahan status, perbarui saat itu juga berdasarkan laporan penduduk yang bersangkutan. Jika penduduk tersebut belum terdaftar dalam database, masukkan data penduduk yang bersangkutan ke dalam SID merujuk pada dokumen kependudukan yang dimilikinya (wajib disertai dengan dokumen pendukung lainnya bagi penduduk pendatang/tinggal sementara). Jika data penduduk tersebut sudah tersimpan dalam SID, pembuatan surat dapat dilakukan.
  2. Klik module "Cetak Surat" untuk memulai pembuatan surat.
  3. Klik salah satu jenis surat yang akan dibuat, sesuaikan dengan jenis urusan yang diajukan oleh penduduk pemohon surat. Jika jenis surat yang dimohonkan tidak tersedia dalam daftar surat di SID, gunakan jenis surat terakhir yang berjudul "Ubah Sesuaikan".
  4. Isikan NIK / Nama, nomor surat, keterangan, dan hal lainnya sesuai kolom isian pada jenis surat yang dibuat.
  5. Pilih nama dan jabatan kepala desa atau perangkat desa yang berwenang melakukan pengesahan atas nama kepala desa.
  6. Setelah semua kolom terisi dengan benar, surat bisa langsung dicetak dengan klik tombol "Cetak" di bagian kanan bawah, atau bisa diedit lebih lanjut ke versi doc. dengan klik "Export Doc" di bagian kanan bawah.
  7. Surat dapat dicetak dua eksemplar, 1 eks. untuk penduduk pemohon surat dan 1 eks. untuk arsip pemerintah desa.
  8. Setiap jenis surat yang tercetak akan tersimpan data lognya di Menu "Surat Keluar"

Layanan Mandiri

 
Layanan Mandiri memungkinkan warga untuk mengakses data mereka sendiri (seperti biodata dan kartu keluarga) dan mengirimkan laporan kepada kantor desa melalui web desa.

Petunjuk penggunaan Layanan Mandiri oleh pengunjung web ada di Layanan Mandiri.

Fitur untuk mengelola penduduk yang dapat mengakses layanan mandiri dan mengelola laporan dari penduduk ada di modul Laporan. Laman berikut ini memberi petunjuk pemakaian fitur ini.

Widget Layanan Mandiri

Warga desa dapat mengakses layanan kantor desa melalui widget Layanan Mandiri di website desa. Setelah masuk ke Layanan Mandiri, warga dapat memeriksa data kependudukan mereka dan melaporkan perubahan data jika perlu.


Mendaftar

Warga desa datang atau menguhubungi operator desa untuk mendapat PIN Layanan Mandiri

 

Masuk

Untuk masuk Layanan Mandiri, silahkan masukan NIK dan Kode PIN yang telah didapat dari Operator Desa.


Tampilkan Data Profil

Untuk menampilkan data Profil warga, klik tombol Profil seperti terlihat di gambar berikut. Warga juga dapat mencetak kartu keluarga atau cetak biodata.


Hasil Cetak Kartu Keluarga


Hasil Cetak Biodata


Tampilkan Data Program Bantuan Yang Diterima

Untuk menampilkan data program bantuan yang diterima warga, klik tombol Bantuan seperti terlihat di gambar berikut. Bantuan yang ditampilkan terbatas pada program bantuan dengan sasaran penduduk/perorangan.


Kirimkan Laporan

Untuk mengirimkan Laporan Perubahan Data, klik tombol Lapor seperti terlihat di gambar berikut.


Keluar

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jaga IV Tombatu Dua Barat
Desa : TOMBATU DUA BARAT
Kecamatan : Tombatu Utara
Kabupaten : Minahasa Tenggara
Kodepos : 95696
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:137
    Kemarin:132
    Total Pengunjung:61.562
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.232.56.9
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel

31 Maret 2013 | 462 Kali
Sistem Informasi Desa (SID) Tombatu Dua Barat
12 Oktober 2021 | 326 Kali
Layanan Mandiri
29 Juli 2013 | 260 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 248 Kali
Wilayah Desa
26 Agustus 2016 | 243 Kali
Sejarah Desa Tombatu Dua Barat
18 Februari 2021 | 242 Kali
Persiapan Danau Seledan sebagai tempat wisata keluarga
12 September 2021 | 225 Kali
Syarat dapat bantuan Bedah Rumah dari Pemerintah